Universitas Gunadarma dan Teknologi 2011/2012

Posted: April 19, 2012 in Uncategorized

Selama ini gunadarma telah menjalin beberapa kerjasama. Sesuai dengan judul di atas, yang dibahas kali ini  yaitu kerjasama Universitas Gunadarma khususnya dibidang teknologi untuk tahun 2011/2012 diantaranya :

  • 4 Maret 2011 (Depok Cyber City)

Universitas Gunadarma oleh Rektornya, Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM menadatangani MoU Cyber City pada tanggal 4 Maret 2011 dan disaksikan oleh Menteri Komunikasi & Informasi Tifatul Sembiring serta dihadiri oleh Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Ketua Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi Komunikasi, PTE Ltd Hongkong-Shenzhen, DPRD Depok, para Kepala OPD, dan civitas akademia Gunadarma. Universitas Gunadarma ikut bekerjasama dalam membangun Depok Cyber City, ini merupakan wujud pengabdian Universitas Gunadarma pada masyarakat, serta langkah awal untuk membangun masyarakat informasi yang lebih baik di Indonesia.

  • Mei 2011 (IMO)

Sarwo Wiguno Wargono, Presiden Direktur PT Konten Indonesia Pratama, mengatakan, pihaknya telah menggandeng Universitas Gunadarma dan Bina Sarana Informatika (BSI). “Ke depan, kami juga akan menggandeng universitas lain, seperti ITB, ITS, dan UI,” tambahnya.

Wujud kerja sama yang mereka jalin adalah dengan mengirim mahasiswa ke pabrik produksi IMO di China untuk merakit dan mengembangkan handset-nya sesuai dengan keinginan dan imajinasi mereka. Nantinya produk hasil pengembangan mahasiswa itu akan diperkenalkan ke perguruan tinggi masing-masing untuk kemudian dijual ke mahasiswa.

Tak hanya memproduksi handset, nantinya mahasiswa yang dikirim ke China juga akan mengembangkan aplikasi pendidikan yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses belajar-mengajar. “Ada aplikasi khusus sehingga bahan-bahan ajar dan tutorial bisa dimasukkan di sana,” ujarnya.

I Made Wiryana, Koordinator Kerjasama Luar Negeri Universitas Gunadarma, berharap, mahasiswanya tidak hanya belajar, tetapi juga mampu merakit produk berkualitas kelas dunia. “Mahasiswa kami akan menjadi techno entreprenur,” tambah Made.

Sebanyak 16 mahasiswa teknologi informasi dan teknologi elektro tingkat akhir akan berangkat ke China. Mereka akan belajar mendesain, menguji produk, dan menciptakan sebuah produk ponsel.

“Mereka mulai berangkat pada Juni nanti dan belajar selama 4 bulan,” katanya. Semua mahasiswa tidak akan dikenai biaya dan mendapatkan beasiswa penuh.

  • 6 Oktober 2011 (PSSI)

INILAH.COM, Jakarta – PSSI berencana membangun pengembangan sistem informasi sepakbola Indonesia. Salah satunya dengan membuat situs resmi yang interaktif.

Untuk mewujudkannya, PSSI menggandeng Universitas Gunadarma yang dituangkan bentuk nota kesepakatan bersama (MoU) dengan durasi lima tahun. Nota tersebut ditandatangani di Hotel Millenium Jakarta, Kamis (6/10/2011).

Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan ini, diharapkan permasalahan yang dihadapi PSSI terkait sistem informasi persepakbolaan bisa teratasi.

  • 20 Desember 2011 (Bandung Digital Valley)

Pada hari Selasa, tanggal 20 Desember 2011 bersamaan dengan acara Launching Bandung Digital Valley di Menara RDC Lt 4 Jl. Gegerkalong Hilir No 47 Bandung dilaksanakan penandatanganan MOU antara TELKOM  dengan 3 institusi sekaligus yaitu Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB), Masyarakat Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) dan Universitas Gunadarma.

Pada kesempatan ini TELKOM diwakili oleh Bp. Mustapa Wangsaatmadja selaku SGM R&D Center, LPIK ITB diwakili oleh Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, MIKTI diwakili oleh Bp. Hari Sungkari (SEKJEN MIKTI) sedangkan Universitas Gunadarma diwakili oleh Ibu Rektor Prof. Dr. E.S. Margianti, S.E., MM.

Proses penandatanganan MoU disaksikan oleh DIRUT TELKOM bapak Rinaldi Firmansyah dan DIR ITSS bapak Indra Utoyo, turut hadir juga menyaksikan acara ini bapak Ashwin Sasongko, Dr. Ir. Msc (Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo) dan dan bapak Kalamullah Ramli (Staf Ahli Kemenkominfo). MoU yang mencakup kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengembangan bisnis yang potensial dalam bidang IT Creative ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya visi Bandung Digital Valley untuk membangun IT Competitiveness melalui collaborative innovation dari berbagai pihak/institusi terkait.

  • 14 Februari 2012

Jakarta,T-NOW – PT. XL Axiata Tbk (XL) concern terhadap pendidikan Indonesia serta penggunaan Internet secara sehat dan positif. Guna memaksimalkan pemanfaatan Internet di kalangan perguruan tinggi, XL menjalin kerja sama dengan Universitas Gunadarma, salah satu perguruan tinggi berbasis ICT. Penandatanganan piagam kerja sama dilakukan oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi dan Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM, di Depok (14/2/2012).

Dalam rilis yang diterima tangerangnow.com, Jum’at (17/2/2012), Kerja sama ini meliputi pemanfaatan akses WIFI, Web 2 SMS, UG in Your Hand, dan juga tarif komunitas bagi 10 ribu mahasiswa.

 

Inilah beberapa kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma di bidang teknologi tahun 2011/2012.

 

Sumber :

http://banuaw.wordpress.com/2011/05/20/30-tahun-universitas-gunadarma/

http://tekno.kompas.com/read/2011/05/12/17283188/Ajak.Mahasiswa.Merakit.Ponsel.ke.China

http://bola.inilah.com/read/detail/1782461/pssi-berencana-bangun-situs-website-interaktif

http://bandungdigitalvalley.com/News/8

http://tangerangnow.com/news/xl-jalin-kerjasama-dengan-universitas-gunadarma/

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s