3 Unsur Dari Paragraf

Posted: Desember 15, 2010 in Belajar, Tugas Kuliah

Paragraph adalah bagian dasar dari sebuah karya tulis yang terdiri dari kumpulan kalimat-kalimat yang membagun sebuah ide.

Dalam sebuah paragraph ada tiga bagian :
• Gagasan pokok
• Kalimat topik
• Kalimat pendukung

1. Gagasan pokok (gagasan utama) merupakan jiwa dari karangan yang berisi ide dasar masalah yang akan dibicarakan di dalam paragraf. Gagasan pokok biasanya dituangkan di dalam kalimat topik. Sebuah paragraf harus memiliki gagasan pokok. Jika sebuah paragraf tidak memiliki kalimat topik maka tidak jelas sesuatu atau maksud yang diungkapkan oleh penulis.

Contoh :

Gagasan pokok terdapat pada kalimat no 1.

2. Kalimat topik adalah kalimat yang paling terpenting dalam sebuah paragraph karena merupakan ide utama dalam paragraph tersebut. Topik juga mengontrol dan membatasi ide yang didiskusikan dalam paragraph. Kalimat topik dibagi menjadi dua bagian yaitu topik dan pengontrol ide, sedangkan topik adalah subject yang kita bicarakan.

Contoh :
Irfan Bachdim adalah pemain sepak bola yang diidolai oleh kaum hawa di Indonesia saat ini.
Topik : Irfan Bachdim

Pengontrol ide membatasi atau mengontrol topik kita ke sebuah aspek yang akan kita tulis.
Contoh :
Warna merah adalah simbol keberanian.
Topik : warna merah
Pengontrol ide : simbol keberanian
Topik boleh saja mempunyai satu atau lebih pengontrol ide, misalnya :
Kota Milan mempunyai dua klub yaitu AC Milan dan Inter Milan.
Topik : Kota Milan
Pengontrol ide 1: AC Milan
Pengontrol ide 2 : Inter Milan

Contoh paragraph lengkap:

Ayah Gaby adalah orang kaya di daerahku. Rumahnya besar, bertingkat, serta berdinding tembok dengan tulang-tulang beton yang kokoh. Halamannya luas, ditumbuhi pohon yang rindang. Di garasi, berjajar dua mobil mewah keluaran terbaru. Kata Gaby, ayahnya mengelola pabrik minuman ringan yang beredar di seluruh Indonesia.

Kalimat topik : Ayah Gaby adalah
• Topik : Ayah Gaby
• Pengontrol ide : orang kaya di daerahku
Kalimat pendukung :
• Rumahnya besar, bertingkat, serta berdinding tembok dengan tulang-tulang beton yang kokoh.
• Halamannya luas, ditumbuhi pohon yang rindang.
• Di garasi, berjajar dua mobil mewah keluaran terbaru.

Contoh paragraf :

Pada era modern ini penggunaan multimedia menjadi hal yang lumrah terjadi. Mulai dari dunia pendidikan, hiburan bahkan kedunia politik multimedia digunakan. Sepertinya multimedia sudah menjamur dikalangan masyarakat kita. Hal ini disebabkan tampilan visual yang cukup ”wah” di bandingkan dengan sistem sebelumnya yang hanya sebuah konsep berupa tulisan kecil ataupun buku. Sehingga penggunaan multimedia semakin sering dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang disebut fenomena multimedia.

Pada dunia pendidikan misalnya, dosen memberikan pembelajaran melalui presentasi dengan menggunakan multimedia. Hal ini dilakukan agar mahasiwa tidak lagi jenuh terhadap suasana ruangan sehingga suasana menjadi lebih ”hidup” dan tidak terkesan ”kaku”. Dengan demikian mahasiwa akan memperhatikan sewaktu dosen menjelaskan materi.

Contoh lainnya dalam pembangunan gedung bertingkat, seorang arsitektur menggunakan multimedia untuk mensimulasikan bentuk gedung, struktur gedung dan lain-lain.

Dalam penngunaannya multimedia memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi. Fakta menyebutkan otak manusia itu lebih suka dengan segala sesuatu yang bergambar dan berwarna. Karena gambar bisa memiliki arti tertentu sedangkan warna akan membuat segala sesuatu menjadi lebih hidup. Dibalik kelebihan yang ada pada multimedia terdapat suatu kekurangan seperti pada saat presentasi tiba-tiba listrik padam sehingga penyampaian informasi terganggu. Namun secara garis besar multimedia tetaplah menguntungkan bagi semua kalangan.

Sumber :

http://t_wahyu.staff.gunadarma.ac.id/Downloads

http://tubanku.wordpress.com/2007/10/06/tips-membuat-karya-tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s