Tips Memanjakan Pengunjung Blog Anda

Posted: Mei 24, 2010 in Tips

Inti dari memanjakan pengunjung adalah buat mereka mendapatkan manfaat dari mengunjungi blog anda dan beri alasan mengapa mereka harus balik lagi esok dan esok hari …

Sebelum saya lanjutkan ada baiknya tanyakan diri anda saat anda blogwalking, manfaat apa yang anda harapkan saat mengunjungi sebuah blog, jika sudah dapat. Tunggu apalagi segera terapkan pada blog anda

Poin berikut adalah kesimpulan yang saya buat beberapa sudah saya terapkan.

1. Desain dan Navigasi

Pilih desain blog anda dan navigasi yang tentu saja user-friendly, tempatkan beberapa widget dengan baik lalu hilangkan widget kiranya menggangu. Tempatkan tombol-tombol seperti tombol rss, postingan terkait, postingan terdahulu yang mudah dinavigasi dan di area yang mudah terlihat.

Hindari menempelkan script yang membuka pop-up atau dialog bog ucapan selamat datang, karena menganggu pengunjung.

2. Content Berkualitas.

Buatlah tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak, apa yang orang inginkan adalah informasi. Blog yang banyak sering kukunjungi adalah yang penuh dengan informasi yang bermanfaat, informasi yang up-to-date.

Blog seperti itu akan selalu di bookmark oleh calon pengunjung setia.

3. Manjakan Komentator.

Tak bisa dipungkuri yang dicari para blogwalker selain informasi adalah backlink.

Ubah blog anda dari Nofollow menjadi Dofollow. Dengan demikian tak sungkan blogwalker akan membubuhkan satu atau dua komentar di blog anda karena mereka merasa bermanfaat sekali menaruhkan komentar karena dapat backlink dari blog anda.

4. Double Backlink.

Jika poin no 3 tidak bisa anda indahkan “mengubah blog dari nofollow menjadi dofollow” ada banyak cara memanjakan komentator, yaitu dengan memberikan backlink.

Tak perlu membuat tulisan review tentang blog komentator untuk memberikan backlink, tapi reply dari komentar mereka tersebut dengan membuat link pada nama mereka.

Dengan demikian komentator dapat double backlink saat berkomentar di blog anda.

5. Beri kesempatan publikasi.

Beri kesempatan komentator anda mempublikasikan tulisan terbaru mereka dengan memasang comment-luv pada blog anda.

6.Hargai Komentator

Pasang widget Top Kommentator, sehingga para komentator berlomba-lomba membuat banyak komentar diblog anda. lalu reset perhitungan setiap bulan.

7.Optimasi Blog Anda

Teruslah optimasi blog anda dengan banyak menjaring pengunjung, membuat tulisan berkualitas dengan begitu alexa rank akan terus mengecil dan pagerank yang terus meningkat.

Dengan begitu pengunjung tak segan-segan memberikan komentar pada tulisan anda.

8.Permudah share

Mudahkan pengunjung blog anda untuk share ke teman maupun membookmark halaman blog anda dengan membuat Tombol-tombol share.

9.Wadahi Sambutan.

Alokasikan sedikit area untuk anda pasang shoutbox atau shoutmix agar pengunjung memberikan sambuatan untuk anda maupun pengujung lain, kadang kala shutbox atau shoutmix tersebut dijadikan ajang untuk publikasi blog mereka.

10.Beri Surprise.

Berikanlah sebuah tali asih offline. bisa kaos, buku, atau sekedar pajangan lemari es, dengan begitu dapat meningkatkan tali silaturahmi saling mengunjungi blog masing-masing.

Ada banyak cara memanjakan pengunjung blog anda, cara diatas adalah menurut saya, bagaimana menurut anda, kita didiskusikan di kolom komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s