Beda WordPress dan Blogspot dari sisi content

Posted: Mei 17, 2010 in Belajar

Dari situs Alexa dapat dilihat bahwa pengguna blogspot di Indonesia lebih banyak daripada pengguna wordpress. Sejatinya mereka bersaing satu sama lain, dan diantara keduanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Sekarang saya ajak anda mencermati kedua blogs service site ini:

WordPress.com

Selama yang saya amati, penggunaan wordpress lebih untuk content yang berisikan tema-tema seputar masalah sosial budaya. Ini sangat dimungkinkan karena kita tahu pasti bahwa di wordpress sangat support untuk terjadinya tukar menukar informasi (media untuk berkomentarnya lebih terbuka), dalam artian untuk saling berkomentar antara satu situs dan situs yang lain lebih mudah. Arus kritik, saran dan komentar serta juga spam lebih cepat bertukar diantara pemilik-pemilik wordpress.

Dari segi keunikan dan fleksibelitas, wordpress dapat dikatakan lebih unggul daripada blogspot. Materi-materi dalam blog-blog wordpress banyak merupakan materi hasil pemikiran yang lebih liberal (baca: liberal dapat berarti kreatif atau kebablasan). WordPress tampak lebih hidup “muda dan gaul dan rame” dibadingkan dengan blogspot. Karena itu pemakai wordpress lebih gampang untuk membentuk komunitas, banyak komunitas-komunitas “muda” yang benihnya lahir dari wordpress.

Akan tetapi dengan segala sifatnya yang demikian, tampak agak lucu bila kita menyaksikan blog, wordpress digunakan untuk kegiatan bisnis. Selama yang saya ketahui saya belum pernah menemukan pengguna wordpress yang memanfaatkannya untuk berbisnis, sepertinya kelihatannya benar-benar aneh bila menggunakan jasa wordpress untuk e-commerce kecuali tentu bagi yang sudah memiliki custom domain sendiri. Pilihan yang tepat bagi anda untuk menyalurkan aspirasi sosial dengan menggunakan wordpress.

blogspot.com

Blogspot, dari segi fitur lebih terasa elegan dan lebih mapan. Themes-themes yang diberikan oleh blogspot tidak terlalu banyak variasi, kadang menjemukan dan bahkan tampak kuno. Materi-materi posting dari pengguna blog di blogspot dapat saya katakan lebih matang dan teknis dibandingkan dengan pengguna WordPress, cocok sekali untuk tipe-tipe tulisan teknokrat dan mekanis.

Dapat dirujuk pula bahwa komentar di blogspot lebih tertutup, keuntungannya bagi pengguna blogspot, maka spam telah terlebih dahulu tersaring secara alamiah, mereka yang berkomentar terasa lebih niat untuk berkomentar. Efek negatifnya, jelas jumlah komentar sedikit dan interaksi antara pengguna blogspot lebih terbatas. Sekedar catatan, problem ini dapat diatasi dengan pemakaian shout box.

Salah satu kelebihan blogspot adalah situsnya support untuk pemasangan iklan Adsense. Bahkan pada halaman edit layout terdapat pilahan widged untuk menggunakan Adsense (untuk kontent bahasa Indonesia yang tampil adalah iklan PSA). Tapi sayang sekali, untuk tracking pengunjung situs dan original widged pendukungnya saya katakan lebih terbatas dibandingkan wordpress. Dan juga -mungkin karena telah terbiasa- saya merasakan bahwa blogspot lebih user friendly untuk melakukan edit layout di dashboardnya.

Selain Adsense, blogspot juga cocok untuk shop online, saya sebutkan beberapa situs yang memanfaatkan layanan blogspot ini seperti: mypernik-unik.blogspot.com, tokojilbab.blogspot.com, dan Dorisnasutiaon.blogspot.com

Studi kasus dari dua blogger
Untuk pelengkap, saya pilihkan dua blog yang cukup populer, yaitu blog milik Mas Anang dan Pak Budi Rahardjo.
Yang satu terlebih dahulu terkenal di GBT.blogspot.com dan ngeblog juga di BudiRaharjo.Wordpress.com dan Yang satu dari Anangku.blogspot.com ngeblog juga di Anangku.wordpress.Com.

Dari dua generasi berbeda ini dapat dikatakan bahwa blog mereka yang di wordpress lebih fleksibel, dan anda dapat bandingkan sendiri bahwa kedua seleb itu lebih bebas berekspresi di wordpress dibandingkan dengan di blogspot. Mungkin bukan karena tidak puas dengan layanan di blogspot, akan tetapi ada dari satu sisi kehidupan dan pemikiran yang lebih tepat disalurkan melalui blog di WordPress.

Kesimpulan
Kedua mesin blog ini sama baiknya, masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing. Mungkin sudah digariskan Tuhan, bahwa hanya Dia Yang Maha Sempurna. Tetapi ketika anda sudah menentukan mana yang anda pilih, maka bola sudah di tangan anda. Anda sendirilah yang menentukan “sukses” atau tidaknya anda sebagai blogger.

Atau anda termasuk orang yang hobi ber polyblog, memiliki blog lebih dari satu, di multiply juga mungkin atau di dagdigdug, atau juga di detikblog, tidak ada yang bakalan marah dan anda juga tak akan dicap sebagi blogger buaya tukang selingkuh. Selamat ngeblog…

Komentar
  1. Om Kicau mengatakan:

    Terima kasih atas pencerahannya.
    Semangat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s