Selamat Tinggal KA Parahyangan

Posted: April 26, 2010 in Berita

Kereta api Parahyangan mulai dioperasikan pada tanggal 31 Juli 1971 menelusuri alam pegunungan Priangan Bagian Barat dari Bandung menuju Jakarta dan sebaliknya. Perjalanan sejauh 173 km ditempuh dengan waktu rata-rata 3 jam kini sebentar lagi hanya tinggal kenangan.

KA Parahyangan akan mengakhiri masa baktinya pada Selasa mendatang setelah beroperasi sekitar 39 tahun yang ditandai dengan kegiatan joy ride atau menumpang KA Parahyangan terakhir dari Jakarta ke Bandung.

KA Parahyangan merupakan KA legendaris di jalur Bandung – Jakarta. KA Parahyangan mencapai puncak kejayaanya pada tahun 1990-an hingga sebelum 2004. Namun okupansi penumpangnya menurun drastis setelah dibukanya Tol Cipularang.

Bahkan menurut data terakhir dari PTKA, KA Parahyangan mengalami kerugian Rp36 miliar per tahun akibat okupansinya yang tinggal 50 persen. Dengan kerugian yang besar itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menghapuskan seluruh jadwal perjalanan kereta ini dan selanjutnya hanya mengoperasikan KA Argo Gede.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s